Ayo Gabung Segera Di JBP Terbaru

Jumat, 19 Desember 2014

Berita Bola : Duel Klasik Eropa dan Amerika Latin

VIVAbola -Ambisi besar Los Vikingos Dihadang Topan Argentina.Selangkah lagi Real Madrid menahbiskan diri sebagai klub terbaik di dunia. Kemenangan 4-0 atas Cruz Azul, Selasa 16 Desember 2014, mengantarkan Los Blancos ke final Piala Dunia Klub.


Namun tidak mudah bagi Madrid memburu trofi Piala Dunia Klub pertamanya itu. Sebab lawan mereka di final yang akan digelar di Stade de Marrakech pada 20 Desember nanti adalah raksasa Argentina, San Lorenzo.

Dan sepanjang sejarah perhelatan Piala Dunia Klub, ajang ini selalu menjadi ajang pertaruhan gengsi klub yang mewakili dua benua yang jadi kutub sepakbola, yaitu Eropa dan Amerika Latin. 

Madrid berpeluang memperpanjang hegemoni Eropa di Piala Dunia Klub. Sejak Piala Dunia Klub diadakan pada 2000 --sempat vakum pada 2001 hingga 2004-- Eropa dan Amerika Latin terus bergantian menjadi juara.

Tercatat, sudah 9 kali wakil Eropa dan Amerika Latin menembus partai final. Hasilnya, Eropa lebih unggul dengan 6 kali juara. Sementara itu, Amerika Latin sempat juara sebanyak 4 kali.

Barcelona menjadi klub Eropa yang dua kali juara, pada 2009 dan 2011. Sisanya, diraih oleh AC Milan (2007), Manchester United (2008), Inter Milan (2010), dan Bayern Munich (2013).

Sementara itu, wakil Amerika Latin yang meraih dua kali juara ada Corinthians (2000 dan 2012). Sementara dua lainnya diraih Sao Paulo yang juara pada 2005 dan Internacional menjadi yang terbaik pada 2006.

Uniknya, semua gelar juara untuk Amerika Latin diraih oleh klub Brasil. Tapi ini bukan alasan buat Madrid menganggap enteng San Lorenzo yang sukses menghentikan tim kejutan asal Selandia Baru, Auckland City 2-1 di partai semifinal lalu.

Madrid bertekad memenangi laga ini demi memperbaiki catatan mereka di Piala Dunia Klub. pasalnya Ini akan menjadi trofi pertama Madrid di Piala Dunia Klub. Sebelumnya, El Real hanya pernah 3 kali juara di Piala Intercontinental pada 1960, 1998, dan 2002.

Tak hanya itu, kemenangan ini juga membuat Madrid berpeluang besar mengejar rekor kemenangan beruntun terbanyak sepanjang masa yang dimiliki Ajax Amsterdam (26), Dresden (26) dan Curitiba (24).

Fakta Penting Jelang Los Vikingos Vs Cyclone
Jelang melawan San Lorenzo, Madrid sedang dalam puncak permainannya. Mereka baru saja meraih 21 kemenangan beruntun ketika menyingkirkan Cruz Azul 4-0 di semifinal Piala Dunia Klub, Selasa kemarin.

Statistisk menunjukkan, Madrid di atas kertas unggul dari Lorenzo. Berikut ini fakta menarik jelang duel Madrid yang berjuluk Los Vikingos dan San Lorenzo yang terkenal dengan julukan Cyclone (Topan), dilansir Soccerlens:

Real Madrid
1. Madrid memenangi tujuh dari sembilan laga di tempat netral
2. Madrid sudah mencetak 33 gol dari 10 laga tandang terakhir mereka.
3. Jika bisa memenangi laga ini, maka Madrid untuk pertama kali meraih empat trofi dalam satu tahun. Sebelumnya pencapaian terbaik 4. Madrid hanya meraih tiga gelar dalam satu tahun (1989 dan 2002)
5. Piala Dunia Klub 2014 akan menjadi trofi ke-79 Madrid sepanjang sejarah.
6. Madrid terakhir kali bertemu klub Argentina pada tahun 2000 saat mereka takluk 1-2 dari Boca Juniors.
7. Jika Madrid juara di ajang ini, maka Carlo Ancelotti akan masuk daftar lima pelatih elit Madrid yang pernah membawa Los Vikingos meraih minimal 4 trofi.
8. Madrid selalu mencetak gol di 24 laga terakhir mereka.
9. Madrid hanya kalah dua kali dari 10 laga di tempat netral.

San Lorenzo
1. San Lorenzo saat ini membukukan tiga kemenangan beruntun.
2. San Lorenzo adalah klub ketiga Argentina yang sukses mencapai final Piala Dunia Klub.
3. Rata-rata gol San Lorenzo musim ini adalah 1.41 gol. Kalah dari Madrid yang mencatatkan rata-rata 3.22 gol.
4. San Lorenzo hanya bisa menjaga cleansheet di tiga dari 11 laga tandang mereka.
5. San Lorenzo sering kebobolan musim ini. Total 25 gol dari 22 laga musim ini.
6. Rata-rata kemenangan San Lorenzo musim ini adalah 45 persen. Kalah dari Madrid yang membukukan 85 persen.

Sumber :http://bola.viva.co.id/

0 komentar:

Poskan Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls