Ayo Gabung Segera Di JBP Terbaru

Selasa, 19 November 2013

Kesehatan : Bahaya Mengizinkan Anak Bermain Tablet

VIVAlife - Teknologi menyulap anak-anak tak lagi menyentuh permainan tradisional. Jari-jari kecil itu terus melekat dengan ponsel maupun tablet. Pandangan mereka serius tertuju pada layar sentuh.

Orangtua, segera batasi anak Anda dari gadget-gadget canggih tersebut. Seorang terapis Lindsay Marzoli mengatakan, terlalu lama menekan layar sentuh dapat merusak jari anak-anak Anda.

"Menggunakan layar sentuh yang berlebihan, memberikan efek jangka panjang yang negatif. Otot-otot yang sering digunakan untuk menulis tidak terbangun. Oleh karenanya, penggunaan layar sentuh harus diimbangi oleh latihan menulis di atas kertas," kata Lindsay Marzoli seperti dilansir laman Daily Mail.

Orangtua disarankan untuk tetap mengawasi kegiatan anak. Pedoman yang dilayangkan American Academy of Paediatrics untuk anak, maksimal berkutat dengan layar sentuh hanyalah dua jam sehari. Membiarkan anak bermain selama tiga hingga empat jam, berarti mendekatkan anak pada penurunan motorik.

Tak hanya ponsel dan tablet, video game, televisi serta komputer pun harus dijauhkan dari kamar anak-anak. Larangan ini diperkuat oleh penelitian dari Abertawe Bro Morgannwg University Health Board. Penggunaan elektronik berlebihan berdampak pada gangguan kesehatan leher dan sakit punggung.

Hasil penelitian menunjukkan, hampir tiga perempat anak-anak sekolah dasar dan dua pertiga dari sekolah menengah, dilaporkan mengidap nyeri leher.

Menurut fisioterapis Lorna Taylor, gaya hidup modern dan kemajuan teknologi sangat merugikan kesehatan anak-anak. Oleh karenanya, orangtua harus menanamkan kebiasaan baik dan menyediakan sumber daya yang nyaman bagi anak. Dengan demikian mereka dapat konsentrasi belajar, melakukan pekerjaan rumah dan olahraga. (eh).http://life.viva.co.id/news

1 komentar:

asolihin skb mengatakan... Reply Comment

Teknologi memang membawa dampak baik positif maupun negatif terhadap pertumbuhan dan perkembangan anak, terimakasih..sukses selalu

Poskan Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls