Ayo Gabung Segera Di JBP Terbaru

Sabtu, 28 April 2012

Solusi : Cara Jadul Service Komputer Tidak Menyala

Sekedar sharing pengalaman service memperbaiki komputer. Dari permasalahan kerusakan komputer banyak penyebabnya, dari yang sekedar kabel power
putus/rusak sampai hardisk bermasalah. Berikut cara praktis termudah tercepat mendeteksi kerusakan komputer, saya menyebutnya cara JADUL. Kenapa cara jadul? ya.. dengan sedikit modal kenekatan siapapun bisa melakukan cara ini. Meskipun begitu cara ini bukan berarti bisa menjawab secara keseluruhan permasalahan problem solusi komputer. Namun setidaknya inilah dari pengalaman bergelut bongkar pasang komputer, cara praktis tercepat termudah mengatasi kerusakan komputer dengan gejala tidak menyala.

OK segera dimulai. Ikuti langkah-langkah :

Pertama
Lepas semua perangkat komputer (mulai dari RAM, kabel Hardisk, kabel CD-ROM, Keyboard, Mouse, dll). Yang terpasang hanya motherboard dan prosessor.

Tancapkan kabel power dan monitor --> Nyalakan komputer --> pastikan kabel power dan monitor tidak bermasalah --> pastikan kipas prosesor berputar.

Perhatikan apakah ada bunyi beep panjang yg menandakan RAM tidak tertancap? jika YA, matikan komputer --> tancapkan RAM --> hidupkan komputer kembali --> jika komputer menyala dan tidak ada bunyi beeb, berarti RAM dalam kondisi baik --> silahkan melanjutkan ke langkah Ketiga.


Jika terjadi beeb panjang 1 kali dan diikuti beep pendek 2 kali, kemungkinan masalah terjadi pada VGA.

Kedua
Jika pada langkah Pertama, ketika komputer dihidupkan tidak muncul bunyi beeb sama sekali, kemungkinan besar kerusakan terjadi pada motherboard atau prosessor (untuk prosessor tingkat kemungkinan rusak kecil). Namun jangan langsung memvonis motherboard yang rusak. Coba lepas kembali RAM dan baterai CMOS/clear CMOS dalam keadaan kabel power dilepas --> lakukan dalam beberapa menit +/- 5 menit --> ulangi ke langkah Pertama, jika menyala lanjutkan ke langkah Ketiga.

Ketiga
Tancapkan komponen lainnya satu persatu --> nyalakan komputer --> lacak apakah komponen yang dipasang bekerja dengan baik? --> jika OK, lanjutkan memasang komponen lainnya.
Lakukan memasang satu per satu mulai dari : Keyboard, Mouse, Hardisk, CD-ROM.


Simple kan? cukup 3 langkah
Ingat

  • Cara ini bisa dilakukan jika motherboard mempunyai Speaker Detection Error.
  • Bunyi beep masing-masing motherboard berbeda tergantung tipe BIOS.http://klikbebas.blogspot.com/

0 komentar:

Poskan Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls