Ayo Gabung Segera Di JBP Terbaru

Sabtu, 24 Maret 2012

Tomcat, Serangga Berbahaya atau Menguntungkan ?

Tomcat, Serangga Berbahaya atau Menguntungkan ?. Info terbaru datangnya dari dunia serangga. Namanya tomcat. Serangga tomcat, akhir akhir ini menghebohkan indonesia. Sebenarnya tomcat serangga berbahaya atau menguntungkan ? Berikut review  mengenai serangga tomcat. Mau ?

Foto Serangga tomcat

tomcat
Ciri-ciri serangga tomcat adalah memiliki kepala warna hitam, dada dan perut berwarna oranye, dan sayap kebiruan. Warna mencolok berfungsi sebagai peringatan bagi predatornya, bahwa serangga ini punya racun. Ukurannya sekitar 7-10 mm.

Tomcat biasa hidup di persawahan. Pada siang hari, serangga ini biasa terbang di tanaman padi untuk mencari mangsa berupa wereng dan hama padi lainnya.
Jadi, sebetulnya kumbang tomcat ini atau Paederus fuscipes adalah serangga yang menguntungkan dan bermanfaat bagi petani karena membantu mengendalikan hama-hama padi.

Pada malam hari, serangga ini cenderung tertarik pada cahaya lampu. Hal inilah yang memicu masuknya tomcat ke rumah atau apartemen warga di Surabaya.
Adapun dermatitis yang dialami warga diakibatkan oleh racun paederin yang diproduksi serangga dengan bantuan bakteri. Racun akan keluar saat serangga dalam bahaya atau dipencet.

Terkait dengan pencegahan serangan tomcat ini, masyarakat dihimbau untuk menutup jendela atau pintu rapat saat malam sebelum menyalakan lampu. Ventilasi jendela bisa ditutup dengan kain kasa untuk memperkecil kemungkinan tomcat masuk.

Warga juga diimbau tidak memencet jika serangga tomcat hinggap di bagian tubuh, cukup menghalau dengan kertas atau tiupan. Bila sampai terkena racun, maka langkah pertama adalah membasuh kulit dengan sabun beberapa kali.
Waspadalah klo sampe ketemu serangga atau kumbang tomcat di malam hari.
Sekarang sudah tahu to, tomcat serangga berbahaya atau menguntungkan !? hehehe
( http://krisna.web.id/)

0 komentar:

Poskan Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls