Ayo Gabung Segera Di JBP Terbaru

Selasa, 10 Januari 2012

Ciri-ciri Modem ADSL yang Rusak

Beberapa hari yang lalu, koneksi speedy saya bertingkah aneh. Setelah beberapa menit tersambung ke internet tiba-tiba koneksi terputus alias DC. Kejadian ini selalu berlangsung
pada jam sibuk,07.00-12.00. Saya sempat curiga kalau jaringan kabel telepon ada masalah. Karena lampu LED DSL sering nge-blink. Namun ketika saya test jaringan dengan menelpon ke no lain, tidak ada suara kresek-kresek di telpon. Berarti tidak ada masalah dengan line telponnya. “Ah, mungkin saja speedy lagi error”, pikir saya. Langsung coba kontak 147. Petugas bilang kalau jaringan speedy di daerah saya normal. Tidak ada gangguan. Kemudian mereka mereset jaringan speedy saya dengan terlebih dahulu saya diminta untuk meng-off kan modem.
Setelah 10 menit, tiba-tiba jaringan internet lancar. Tidak lagi DC ketika dibuat browsing dan download. Wah saya jadi tambah bingung. Masa’ tiap mau connect minta reset terus?. Keesokannya kejadian berulang lagi. Tapi lebih parah, tidak hanya pada jam sibuk, tapi pada sore harinya juga masih sering DC.
Kemudian saya berpikir, kalau jaringan telpon dan koneksi speedy tidak ada masalah. Ada kemungkinan, kerusakan terjadi pada hardware atau OS windowsnya corrupt. Untuk meminimalkan kemungkinan error, saya coba tes koneksi internet axis dengan hp sebagai modem. Walaupun lambat, koneksi internet tidak putus. Berarti tidak ada masalah dengan PC atau OS. Tersangka terakhir adalah si modem.

Setelah googling sana – sini dapat informasi kalau salah satu ciri-ciri modem ADSL mulai rusak adalah sering disconnect sendiri tanpa sebab. Karena tidak mau dipusingkan dengan masalah internet yang DC, maka saya beli lagi modem ADSL baru merek TP-Link TD-8817. Setelah diganti dengan modem baru, koneksi internet speedy jadi stabil baik pada peak time ataupun sore hari. Agar lebih yakin, saya tes koneksi internet pada waktu yang berbeda selama beberapa hari. Alhasil, jaringan lancar jaya, nggak ada lagi yang namanya DC (terputus sendiri). :)
So, kalau speedy kamu mengalami masalah seperti DC sendiri, ada kemungkinan itu karena modem ADSL yang sudah rusak dan perlu diganti.

Update : 12 November 2011
Sebelum mengganti modem ada baiknya kamu pastikan kalau jaringan telepon tidak ada masalah. Kalau ada suara noise (kresek-kresek) ada kemungkinan yang trouble adalah line telponnya bukan modem. Karena pada hari ini saya mengalami lagi gejala seperti diatas, speedy sering DC. Udah coba modem baru, tapi masalah masih ada. Dan ternyata permasalahan ada di line telpon. Hubungin 147 bagian telponi untuk memperbaiki kabel telponnya.(http://auwoo.wordpress.com)

2 komentar:

agus kaosgrosir mengatakan... Reply Comment

Kalau lemot, apakah juga berarti modem rusak, bro ?

Bonavid Blog mengatakan... Reply Comment

lemot itu disebabkab banyak hal antra lain.
1. kartu yang dipakai yang kecepatan jaringannya yang dns default yang tidak bagus. segera pakai open dns atau dns alternatif setiap kartu punya dns alternatif.cari di google
2. banyak yang memakai bandwith di daerah agan sehingga lemot.
3.kalau agan masih 2g atau edge ya lambat karena kec nya paling tinggi 200 kbps.bila 3g kec 3,6 mbps.
3. spek komputer atau laptop yang pas-pas an.begitu agan

Poskan Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls